Jumat, 27 Juni 2014

Belajar Kerja Sama

A. Kerja Sama di Lingkungan Rumah

1. Bagaimana Melakukan Kerja Sama di Rumah
     Salah satu pengertian kwrja sama adalah kegiatan yang dilakukuan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Untuk bisa mencapai satu tujuan, jelas diperlukan strategi yang tepat. Mengapa? Karena beberapa orang itu yang melalukan kerja sama itu memiliki berbagai macam perbedaan. Misalnya perbedaan pemikiran, cara meraih, dan kebiasaan. Lalu, bagaimana caranya agar kerja sama kita bisa baik dan tujuan bisa tercapai?
     Ada beberapa syarat agar sebuah kerja sama bisa berjalan dengan baik.
a. Pelajari dengan saksama tujuan yang akan di capai.
     Sebuah kerja sama akan berhasil apabila semua orang yang terlibat memahami betul apa yang hendak dicapai. Karena semakin kita tepat di dalam menentukan dan memahami tujuan, semakin jelas pula langkah yang harus di tempuh.
b. Adakan musyawarah atau rapat untuk menentukan langkah.
     Dengan musyawarah kita akan bisa berbagi tugas. Tanpa adanya pembagian tugas, kerja sama kita akan kacau dan tidak akan berhasil dengan baik.
c. Adanya kesadaran dari orang - orang yang akan bekerja sama
     Setelah diadakan pembagian tugas, masing - masing anggota harus menyadari tugasnya. Artinya, ia akan rela bekerja tanpa harus diperintah.
d. Melaksanakan tugas secara sungguh - sungguh dan bertanggung jawab
     Sebuah kerja sama akan berhasil apabila masing - masing anggota mengerti, memahami, dan melaksanakan tugasnya sebaik - baiknya. Apabila ia tdak memahami tugasnya, hanya akn merepotkan anggota yang lain.
e. Saling menjaga kekompakan dan kebersamaan
     Kerja sama adalah kerja bersama dari bebdrapa orang. Coba bayangkan apabila sesama anggota tidak kompak dan saling mengejej pekerjaan aatau tugas anggota yang lain. Dengan kebersamaan maka tugas yang berat akan menjadi ringan dan tujuan bisa lebih mudah tercapai.
     Itulah beberapa syarat agar sebuah kerja sama bisa berhasil dengan baik dan tujuan bisa tercapi dengan sukses. Tentu, kamu bisa bertanya kepada orang tua atau tetanggamu yang pernah melakukan kerja sama, agar kamu bisa mencontohnya.
2. Melakukan Kerja Sama di Rumah
     Syarat - syarat kerja sama seperti di atas tidak hanya untuk di hafalkan. Sebuah pengetahuan tidak ada gunanya apabila hanya diingat. Ingatan manusia sangat terbatas. Oleh karena itu, kamu harus berani mengamalkannya, agar memiliki pengalaman.

B. Kerja Sama di Lingkungan Sekolah

1. Bagaimana Melakukan kerja Sama di Lingkunga Sekolah?
     Kerja sama bisa dilakukan di mana saja termasuk di sekolah. Dengan bimbingan bapak dan Ibu Guru, kamu aka di ajarka berbagai pengetahuan yang bisa kamu gunakan sebagai bekal kehidupanmu. Oleh karena itu, ikutilah pembelajaran dengan sebaik - baiknya dan kerjakan setiap tugas dengan sungguh - sungguh. Tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru itu bisa kamu jadikan sarana untuk menemukan pengetahuan yang baru dan menerapkannya secara langsung kedalam kehidupan sehari - hari.
     Ada beberapa cara agar kamu berhasil didalam melakukan kerja sama di sekolah :

a. Catat dengan cermat semua perintah dan petunjuk guru.
Sebelum memberikan tugas kelompok, Biasanya Bapak dan Ibu Guru memaparkan tujuan dan cara pengerjaannya. Apabila informasi itu kamu catat, maka saat akan mengerjakan tugas kamu sepert mendapat panduan dan petunjuk pelaksanaannya.
b. Ajaklah kelompokmu untuk berdiskusi.
     Misalnya beberapa hal di bawah ini :
1)Apa tugas yang di berikan oleh Bapak dan Ibu Guru?
2)Bagaimana cara pengerjaannya?
3)Apa tugas masing – masing anggota kelompok?
4)Siapa yang menjadi ketua anggota kelompok pencatat, dan lain – lain?
5)Siapa yang harus mempresentasikan?
c. Laksanakan tugas dengan sebaik – baiknya.
Bapak dan Ibu Guru tidak aka memberikan tugas apabila tidak ada gunanya. Oleh karena itu, kesungguhanmu di dalam mengerjakan tugas itu akan memberimu pengalaman yang berharga.
d. Jaga kekompakan dan kebersamaan antar anggota.
Yang dinilai oleh Bapak dan Ibu Guru bukan hanya hasil tetapi bagaimana cara pengerjaannya. Nilaimu akan bagus apabila hasilnya bagus dan dikerjakan dengan penuh kebersamaan.
Itulah beberapa langkah agar kamu berhasil di dalam bekerja sama di sekolah. Apabila ada kesalahan saat mengerjakan tugas atau hasil yang di raih kelompokmu belum memuaskan, jangan berkecil hati. Cobalah untuk memperbaiki pada tugas – tugas berikutnya. Semakin sering kamu mengerjakan tugas dan kerja sama, kamu akan semakun tangguh dalam menghadapi tugas dan kesulitan. Ingatlah, kegagalan adalah sukses yang tertunda.
 2.Melakukan Kerja Sama di Sekolah
     Salah satu contoh kerja sama di lingkungan sekolah adalah pket kebersihan kelas bisa di jadikan contoh kerja sama harus dilakukan oleh teman – teman sekolahmu. Saat itu, kamu harus berbagi tugas dengan anggota kelompok piketmu yang lain. Misalnya siapa yang harus membersihkan papan tulis, meja guru, meja siwa, jendela, menyadiakan kapur tulis, menyapu ruangan, dan lain – lain. Kegiatan piket kelas itu akan meraih hasil yang bagus apabila sesame anggota regu piket saling kompak dan menjaga kebersamaan.

C. Kerja Sama di Lingkungan Kelurahan /Desa
     Kerja sama yang telah kamu lakukan setidaknya ada dua macam. Keduanya adalah keeja sama di ingkungan rumah dan sekolah. Masing – masing memiliki cirri khas sendiri – sendiri. Nah, sekarang kamu di ajak kerja sama di lingkungan kelurahan/desa, Meskipun, kamu sering mendengar orang menyebut istilah kelurahan/desa ada baiknya kamu baca dahulu informasi di bawah ini.

Kelurahan/Desa
·         Kelurahan adalah daerah pemerintahan paling bawah yang di pimpin oleh seorang lurah.
Lurah adalah kepala pemerintahan tingkat terendah.
·         Desa adalah kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluaga yang mempunyai system pemerintahan sendiri. Desa dikepalai oleh seorang kepala desa.

     Apabila kamu tinggal di kota, maka pemerintahan terendah adalah kelurahan. Apabila kamu tinggal di desa maka pemerintahan yang berlaku adalah desa. Pemerintahan kelurahan/desa berada di bawah kecamatan, berarti memiliki wilayah yang luas. Karena jumlah warga yang ada di kelurahan/desa cukup banyak, maka kerja sama yang dilaksanakan cukup beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar