Kamis, 26 Juni 2014

Semangat Kerja

A. Apa Itu Semangat Kerja
1. Pengertian Semangat kerja
     Apakah yang dimaksud semangat kerja? Semangat kerja adalah keinginan diri untuk bekerja sungguh - sungguh untuk mencapai hasil yang diharapkan. Semangat kerja bisa timbul dari dalam diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar. Setiap orang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam melakukan suatu pekerjaan perlu adanya semangat kerja. Tanpa adanya semangat kerja, hasil yang di dapat tidak akan baik. Untuk dapat bekerja seseorang harus memiliki keterampilan. Seorang penjahit harus memiliki keterampilan menjahit. Begitu juga petani, karyawan pabrik, atau perajin. Keterampilan tersebut diperoleh dari pengalaman ataupun bangku sekolah. Bekerja sebaiknya sesuai kemampuan masing - masing. Namun, karena keterbatasan lapangan pekerjaan banyak orang yang memiliki keahlian dan senang dalam bidang tertentu tidak memiliki kesempatan untuk bekerja sesuai keahlian yang dimiliki.
2. Pentingnya Semangat Kerja
     Mengapa seseorang harus memiliki semangat dalam bekerja? Apakah semangat dalam bekerja itu penting? Dalam bekerja diperlukan adanya semangat kerja. Semangat kerja merupakan suatu sikap yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Dengan semangat kerja, hasil pekerjaan yang di peroleh akan lebih baik.
     Semangat kerja bisa timbul dari dalam diri dan dari lingkungan sekitar. Dari keduanya, semangat kerja dari dalam dirilah yang paling berpengaruh. Memengaruhi seseorang untuk tekun bekerja sehingga bisa mencapai prestasi. Begitu pula dengan pedagang. Seorang pedagang yang berjualan dengan semangat akan mempunyai penghasilan yang lebih banyak dibandingkan dengan pedagang yang malas berjualan. Demikian uga seorang siswa yang belajar dengan penuh semangat akan memperoleh prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang malas belajar.
B. Ciri - ciri Semangat Kerja
1. Bekerja Keras dan Memiliki Rasa Tanggung Jawab


     Seorang pekerja keras memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja. Orang itu akan bekarja sungguh - sungguh dan tidak menganal putus asa. Pekerjaannya dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Ia siap menerima resiko dari pekerjaan yang telah dikerjakannya. Ia siap menerima kritik tentang baik buruknya tentang pekerjaan yang telah dikerjakannya dan bersedia memperbaiki kesalahan.
2. Disiplin
     Disiplin artinya meatuhi peraturan yang berlaku. Orang yang memiliki semangat tinggi dalam bekerja. harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Ia akan disiplin dalam menggunakan waktu bekerja dan menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
3. Jujur
     Jujur artinya berkata dan berperilaku apa adanya. Seseirang yang bekerja dengan jujur tidak pernah berkata bohong dan berbuat curang. Jika merasa tidak mampu, ia akan bertanya kepada orang yang lebih tahu. Jika mampu, ia akan melaksanakan tugas itu dengan kesungguhan dan penuh ketelitian. Orang yang memiliki sikap jujur akan dipercaya orang lain.
4. Menghargai Waktu
     Orang yang memiliki semangat kerja sangat menghargai waktu. Mereka akan mmanfaatkan waktu dengan sebaik - baiknya. Jika ada waktu yang luang, maka akan digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat. Waktu luang, akan dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, namun oleh anak - anak usia sekolah. Kegiatan yang dilakukan misalnya berjualan, menjadi perajin, dan menjual koran. Sebagai seorang pelajar kamu dapat memanfaatkan waktu luang dengan membaca, belajar, dan melakukan kegiatan yang bermanfaat lainnya.

C. Manfaat Semangat Kerja
     Semangat kerja sangat dibutuhkan dalam segala aktivitas kerja. Tanpa semangat kerja, maka kesuksesan tidak akan diraih. Namun, semangat kerja tidak selalu ada dalam diri seseorang. Terkadang semangat kerja dapat pula menurun. Ada beberapa hal yang memengaruhi tinggi rendahnya semangat kerja dalam diri seseorang. Contohnya, kenyamanan atau suasana kerja, tujuan bekerja, jumlah gaji atau penghasilan yang diperoleh, dan minat seseorang terhadap minat yang dilakukan. Semangat kerja mencerminkan kesenangan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Seseirang yang memiliki semangat kerja yang tinggi akan memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Dengan semangat kerja, pekerjaan akan cepat diselesaikan dan berhasil dengan baik. 
2. Semangat kerja yang tinggi mend orong seseorang untuk bekerja dengan hati - hati dan teliti
3. Semangat kerja memudahkan seseorang untuk meraih prestasi
4. Dengan semangat kerja, produktivitas meningkat
5. Semangat kerja dapat membentuk seseorang menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan pantang menyerah.
     Semangat kerja harus di tumbuhkan dalam diri agar bisa mencapai semua mimpi, harapan, dan keinginan secara optimal. Beberapa cara untuk menjaga semangat kerja agar selalu ada dalam diri kita, antara lain dengan mengucapkan syukur atas segala sesuatu yang telah kita miliki saat ini. Selain itu, kita harus mampu melihat dan mampu memperbaiki semua kelemahan  diri. Semangat kerja yang stabil dan konsisten dapat membawa ke puncak kesuksesan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar